Tips Membeli AC Portable Mini, Perbandingan Berbagai Merek di Pasaran

5 min read

cara membersihkan ac mini portable

Ada banayk produk AC portable mini di pasaran, yang menawarkan beragam spesifikasi berbeda-beda dengan fitur unggulan masing-masing. Berbagai ukuran, model, dan merk ini agak sedikit membingungkan. Lebih-lebih bagi Anda yang ingin membandingkan mana yang lebih pas, lebih dingin dan cocok dengan kondisi rumah Anda.

Kelebihan AC Portabel Mini terletak pada ukurannya yang kecil, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana sehingga memancing minat banyak orang untuk membelinya. Lebih-lebih jika produsennya melengkapi dengan beragam fitur kelebihan. Tentu sangat menggiurkan kita yang ingin membeli produk pendingin ini.

Kelebihan AC Portable

  1. Bentuk lebih kecil, sehingga lebih ringkas tidak makan tempat
  2. Harga relatif lebih murah
  3. Mudah dipindahkan, tanpa perlu bayar ke tukang service AC
  4. Traveller-friendly, beberapa jenis ada yang bisa dibawa saat perjalanan
  5. Eco-friendly, karena tanpa freon jadi termasuk produk ramah lingkungan
  6. Low-watt, hemat energi

Dengan bentuk yang mungil, kita bisa meletakkan dimana saja, misal di kamar anak, di dalam mobil atau bahkan di kost-kost-an sekallipun. Sekecil apapun kamar Anda, Air Conditioner ini cocok untuk dipakai.

Berikut ini beberapa yang wajib Anda ketahui tentang produk AC Portable Mini ini, adalah sebagai berikut:

Bentuk Ukuran AC Mini Portabel Kecil, Tidak Terlalu Besar

Ini adalah yang paling utama, cek deskripsi di manual atau di buku panduan. Risetlah tentang buku manualnya, berapa sih ukuran atau volume size dari mesin elektronik ini. Sesuaikan dengan kondisi ruangan atau kamar yang akan Adan aplikasikan. Pastikan tidak kebesaran, sehingga bisa langsung dipakai ketika barang datang.

Dengan ukuran yang kecil ini, kelebihannya tentu gampang dibawa kemana-mana. Praktis dan bisa Anda bawa ketika sedang perjalanan atau travelling. Suasana sejuk pun akan anda rasakan, kapanpun dan dimanapun.

Lihat juga spesifikasi dan rekomendasi kami betapa tahan lamanya merk AC Portable Daikin, klik aja!

Cara Kerja AC Portable Mini dan Tutorial Penggunaannya

ac mini portable tahan berapa lama

Jenis AC portabel Anda bisa berbeda-beda. Ada yang menggunakan es batu atau disebut juga air cooler, ini sebenarnya lebih ke kipas angin. Ada juga yang benar-benar seperti AC, dengan blower mini tentunya. Beda jenis ini tentu juga berbeda juga cara penggunaannya.

Cara penggunaanya relatif lebih mudah dibandingin dengan AC dindin konvensional, karena ini merupakan produk inovasi maka dibuat lebih praktis, ada remote-nya atau tombol yang tinggal tekan saja tombolnya. Kecepatan kencang lambatnya kipas, tingkat sejuk-nya semua mestinya sudah dijelaskan di dalam buku panduan yang ada di dalam box saat membeli.

Satu hal yang tidak kalah penting, adalah cara membersihkan AC mini portable ini. Baca panduan manual book untuk lebih detailnya. Karena setiap AC itu menyaring debu, maka debu ini kalau sudah lama mesti dibersihkan. Sehingga secara berkala, Anda wajib membersihkan sendiri. Karena agak susah mencari tukang service AC yang tahu tentang penggunaanya. Ini juga salah satu kekurangan AC mini portabel.

Baca juga  Rekomendasi AC Mini Portable yang Bagus dan Harga Terjangkau

Cara membersihkan AC Portable

  • Matikan power, cabut kabel. Diamkan beberapa saat hingga dingin, jangan membersihkan dalam keadaan mesin masih panas
  • Siapkan peralatan seperti obeng, gayung, sabun, spons, kain lap atau kanebo, ember dan filter AC (jika Anda ingin mengganti filternya)
  • Bongkar AC portbale Anda, setiap AC bisa berbeda cara bongkarnya. Bacalah buku panduan cara membukanya untuk info lebih lanjut
  • Tiriskan air yang ada di dalam selang dan salurkan, hingga bersih keluar dari selang pembuangan dibagian belakang atau bawah unit
  • Bersihkan dengan air mengalir sampe kotoran hilang, sikat dan gosok dengan spons dan sabun, kotoran ini yang menyebabkan AC portable mini tidak atau kurang dingin
  • Keringkan dengan kain lap atau kanebo
  • Jika Anda mesti membersihkan filter, Anda membutuhkan penyedot debu untuk hasil yang maksimal. Jik filternya bisa dilepas, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan penyedot debu terlebih dahulu, lalu merendamnya dalam air sabun yang hangat. Biarkan hingga benar-benar kering, lalu masukkan kembali ke dalam unit Anda.
  • Periksa gulungan (coil), ini adalah bagian termahal dari AC portable, hati-hati saat membersihkannya. Jika perlu Anda bisa beli cairan pembersih gulungan (coil) di toko aksesoris AC
  • Rapikan bagian luar, saat panel masih mati, ambil kain lembut yang lembab dan bersihkan.
  • Pasang kembali Unit, filter dan semua bagian yang tadi dibongkar, kerjakan dengan rapi sama seperti sedia kala.

Memiliki Fungsi untuk Anti Bakteri, Virus dan Kuman

Beberapa AC Portable Miini melengkapi fitur pendinginnya dengan filter pembunuh virus, kuman dan bakteri. Biasanya dengan memanfaatkan sinar UVC (Ultraviolet C), sebuah sinar yang terbukti secara penelitian untuk membunuh virus penyebab virus corona, meskipun beberapa ahli masih meragukan. Tetapi secara klinis UVC memang efektif sebagai disinfektan udara, benda dan cairan.

Selain UV-C, beberapa peralatan elektronik AC Portable ada yang melengkapi dengan HEPA Filter, atau filter High Efficiency Particulate Air. Kegunaannya sebagai penyaring debu, asap dan polusi. Juga sebagai air purifier sehingga udara akan terasa lebih segar karena HEPA filter mampu menyaring partikel ukuran 0.3 mikron dari berbagai karbon aktif dan ion negatif. Meskipun bukan sebagai penangkal virus corona, beberapa ahli berpendapat penggunaan HEPA filter mampu menurunkan risiko penularan corona.

Baca juga  7+ Rekomendasi Merk AC Portable yang Bagus dan Paling Murah

Rekomendasi AC Portable Mini dari Berbagai Merk

cara membersihkan ac mini portable

Anda bisa melihat display produk ini di toko online seperti di shopee, tokopedia, lazada, dan lain-lain. Pengecekan review dan catatan dari pembeli perlu Anda lakukan sehingga bisa lebih mantap dalam memutuskan untuk membeli.

Beragam produk dari nama besar seperti panasonic, LG, sharp, krisbow. Ada juga yang jarang kita dengar seperti merk CoolAir, Tori, Symphony, Handy, Elac dan masih banyak lagi. Brand besar sudah cukup terkenal memilliki kelebihan lebih bagus.

Tetapi brand kecil terkadang selain lebih murah dan dipandang punya kekurangan, seringkali juga memiliki terobosan fitur yang belum dimiliki brand besar, tentu dengan harga yang relatif lebih hemat. AC mini portable tahan berapa lama-nya juga tidak bisa disandarkan pada merk. Tergantung pemakaian, cara penggunaan dan kondisi ruangan Anda.

Selain fitur penting diatas, berikut beberapa alasan yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli AC Portable mini

  • Konsumsi listrik berapa watt
  • Garansi dari produsen atau dari toko
  • Jangkauan area yang tercover agar tetap sejuk
  • Tingkat suara berapa db
  • Berat produk berapa kilo gram (kg)
  • Ukuran volume dimensi produk

Memiliki rumah sendiri adaah impian banyak orang. Apalagi berkumpul Bersama keluarga di suatu ruangan. Seperti pepatah dulu, kita perlu menciptakan surga di dalam rumah, agar rumah terasa sejuk dan terhindar dari terik matahari. Rumah juga memiliki bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Namun, bagaimana jika kita berada di suatu ruangan dan ruangan tersebut terasa panas. AC Portable merupakan solusi terbaik di kala kita terasa panas di dalam sebuah ruangan. Telah banyak review AC Portable sebagai referensi kita dalam memilih AC Portable.

Seperti yang kita ketahui bahwa AC merupakan alat rumah tangga yang sangat membantu kita dalam menghadapi kegerahan di dalam ruangan atau rumah. Selain itu, akhir-akhir ini mulai bermunculan AC dengan teknologi terbaru yang mana dapat diatur settingannya sesuai budget dan kebutuhan.

Salah satu teknologi terbaru dari AC adalah AC Portable, di mana berdasarkan review AC Portable, bahwa AC ini lebih praktis karena bisa dibawa ke mana alias dipindahkan ke ruangan lain tanpa harus instalasi AC. Cukup digeser dengan roda di bawahnya dan colokkan kabel, mmaka AC Portable sudah bisa digunakan untuk memberi kesejukan pada suatu ruangan.

Cek Review dari Berbagai Merk AC Portabel di Toko Online / Marketplace

Dalam memilih AC Portabel, sebaiknya kita lihat dulu review AC Portable yang mana sekiranya menarik, itulah yang layak kita beli. Salah satu yang dikeluhkan dari pelanggan AC Portable adalah panduan dengan Bahasa Cina tanpa adanya translate. Hal inilah yang disayangkan oleh beberapa perusahaan AC Portable. Jadi, sebaiknya carilah AC Portable yang memiliki panduan dengan Bahasa Indonesia.

Baca juga  Daftar Harga Kipas Angin AC Duduk & Plus Minusnya dari Berbagai Produk

Selain itu, Anda juga perlu cek dahulu di toko AC Portable dengan mencoba menyalakan AC. Apakah AC tersebut dapat berjalan secara optimal. Dengan kedinginan yang pas buat Anda atau tidak?

Jika Anda berniat membeli AC Portable melalui online, pastikan melihat review positif dan negative dari AC Portable. Karena dengan begitu, Anda bisa melihat keunggulan dan kelemahan dari produk tersebut. Salah satunya adalah packing pengiriman. Mengingat bahwa produk yang kita beli melalui online, sehingga kita juga perlu adanya review positif soal packing pengiriman. Jangan sampai produk sampai di tangan Anda dalam keadaan lecet atau rusak karena packing pengiriman yang buruk.

Alasan Memiliki AC Portable

ukuran ac mini portable

Mungkin beberapa rumah memiliki ventilasi udara yang pas sehingga terdapat sirkulasi udara di dalam rumah dan tidak membuat pengap atau hawa gerah. Namun ada juga rumah yang tidak memiliki ventilasi yang cukup sehingga membuat rumah menjadi gampang gerah. Ada kemungkinan rumah yang tidak memiliki ventilasi udara karena keterbatasan lahan atau wilayah tersebut sudah terdapat rumah berjejer dengan rapat, sehingga tidak ada celah untuk membuat ventilasi udara.

Solusi terbaiknya adalah membeli AC Portable yang mana dapat membantu mendinginkan ruangan juga sebagai pengganti ventilasi udara.

Rumah yang rendah atau plafon yang tidak terlalu tinggi juga menjadi penyebab faktor rumah cepat panas dan engap. Hal ini juga bisa menjadi alasan kenapa kita harus membeli AC Portable. Rumah yang pendek membuat udara tidak bisa keluar masuk dengan bebas. Sehingga udara panas yang dihasilkan tubuh kita tidak bisa keluar secara optimal, dan udara bersih dari luar tidak bisa masuk dengan lancar.

Dari alasan dan review AC Portable yang menarik, maka kita bisa memilih AC Portable dengan baik sesuai kebutuhan dan budget yang kita miliki.

Sesuaikan dengan keinginan Anda dan keluarga, bagaimana dengan fitur dan spesifikasi diatas. Semakin baik, tentu ada konsekuensi yang akan diterima. Entah itu harga yang semakin mahal atau efek lainnya, misal luas ruangan, ongkos kirim dan lain sebagainya. Keputusan terakhir tetap di tangan Anda. Bijaklah sebagai konsumen, teliti sebelum membeli.