Cara Menghilangkan Lem G dari Tangan yang Mudah

Kamu sedang sibuk merekatkan benda lalu tangan terkena lem? Bagi orang-orang yang baru sekali menggunakan lem g tentu saja merasa panik. Lem g atau lem Korea merupakan lem yang memiliki daya rekat bagi. Untuk itu, banyak orang yang mencari cara menghilangkan lem g dari tangan mereka. Jika kamu menjadi salah satu orang yang mencari jawaban tersebut maka artikel ini sudah menjadi bahasan yang tepat.

Apa itu Lem G?

Lem g atau kerap dikenal dengan lem Korea merupakan jenis lem yang terbuat dari bahan Cyanoacrylate Etil. Lem ini merupakan lem serbaguna yang dapat digunakan untuk meletakan kayu, plastik, logam, karet, kulit hingga keramik. Jadi bisa dikatakan jika lem ini merupakan lem unggulan yang banyak digunakan.

cara-menghilangkan-lem-g-pada-tangan

Cara Menghilangkan Lem G

Untuk menghilangkan lem dari tangan ada berbagai cara yang dapat kamu gunakan. Tentu saja cara-cara tersebut terbilang aman untuk digunakan. Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkannya? Berikut diantaranya:

Mengelupas lapisan lem secara perlahan

Cara pertama ialah, kamu dapat mengelupas lapisan lem g dengan perlahan-lahan. Lakukan dengan hati-hatu ya. Jika kulit kamu sudah mulai terkelupas dan sakit rasanya maka segera hentikan. Kamu hanya dianjurkan untuk mengelupas lapisan lem yang sudah kering, bukan yang masih basah. Cara ini dapat kamu gunakan jika ingin menghilangkan bekas lem dari kulit.

Merendam bagian kulit yang terkena lem

cara-menghilangkan-lem-g-di-baju

Cara menghilangkan lem Korea selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan merendam bagian kulit yang terkena lem. Isilah sebuah wadah dengan air hangat dan satu sendok makan sabun lembut. Rendamlah tangan kamu ke dalamnya selama 30 sampai 60 detik ya. Jika sudah selesai merendamnya, kamu dapat mengelupas lapisan lem dari kulit.

Sulit atau lem tidak bisa langsung terkelupas? Tak mengapa. Kamu dapat menggunakan alat bantu yang sekiranya mempermudah proses pengelupasan lapisan lem. Misalnya saja menggunakan sendok. Rendam bagian kulit yang terkena lem hingga beberapa ksli. Tujuannya agar lapisan lem tersebut dapat terkelupas dengan lebih mudah. Selain itu, kamu juga boleh mengganti air biasa dengan air lemon untuk mempermudah pengelupasan.

Baca juga  5 Fungsi Dispenser Modern, Semakin Lengkap dan Semakin Mudah

Gunakan mineral spirit

cara-menghilangkan-lem-g-di-kulit

Kamu memiliki kulit yang sensitif? Tak mengapa, kamu masih bisa menghilangkan lem dengan mineral spirit. Caranya ialah siapkan wadah dan isi dengan mineral spirit. Setelah itu, kamu dapat merendam kulit yang terkenal lem untuk beberapa saat. Jika sekiranya masih sulit terlepas, coba ulangi dengan merendamnya kembali.

Gunakanlah Cairan Aseton

Cara lainnya yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan lem ialah dengan menggunakan cairan aseton. Hanya saja, cara ini tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Hal itu dikarenakan, kulit sensitif dapat mengalami iritasi jika memakss menggunakan cara ini. Catatan lagi, jangan sekali-kali menggunakan cairan aseton pada luka yang terbuka ya. Untuk menggunakan cara ini, ikuti beberapa langkah di bawah:

  • Rendam tangan ke dalam air sabun yang hangat.
  • Gunakan aseton ke kulit yang terkena lem.
  • Biarkan lem hingga mengering dan gunakan kertas amplas kuku untuk hilangkan lem. Jika tidak ada amplas kuku, kamu masih bisa menggunakan batu apung.

Menggunakan Margarin

Cara hilangkan lem g selanjutnya ialah dengan menggunakan maragarin. Nantinya margarin akan berperan sebagai pelumas kala kamu ingin mengelupas lem. Perlu diketahui, cara ini juga cocok digunakan untuk kulit sensitif. Cara pemakaiannya jugs sangat mudah sekali.

Kamu hanya perlu memberikan margarin ke bagian kulit yang terkena lem. Setelah itu, gosok perlahan-lahan untuk membuat lem terkelupas. Selain dapat menggunakan maragarin sebagai pelumas untuk melepaskan lem, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun.

Baca juga  Mengetahui Cara Kerja AC Portable Agar Mudah Penggunaannya

Hilangkan dengan detergen

Detergen menjadi salah satu bahan yang cukup akrab dalam kehidupan kita. Biassnya orang-orang menggunakan detergen untuk mencuci baju. Ternyata tidak hanya dapat menghilangkan noda pada pakaian melainkan detergen juga dapat menghilangkan lem. Ya, lem yang menempel pada kulit kamu juga bisa dibersihkan dengan detergen. Misalnya saja kamu ingin menghilangkan jari saja malas gunakan resep di bawah ini:

  • Siapkan 1/4 cangkir sabun cuci atau detergen.
  • Siapkan air panas dalam cangkir.
  • Campur detergen dan air hangat tersebut ke dalam sebuah wadah.
  • Aduk keduanya hingga tercampur rata.
  • Gosokkan ke kulit yang terkena lem. Ingatlah untuk berhati-hati, pastikan kamu menggunakan air hangat bukan air panas
  • Rendam tangan kamu ke dalam wadah campuran detergen dan air tersebut selama 20 menit. Tujuan perendaman ialah agar mempermudah proses pengelupasan. Nantinya lem akan terkelupas sendiri.

Hilangkan dengan garam

cara-menghilangkan-lem-g-pada-benda

Garam ternyata tidak hanya berguna untuk membuat masakan terasa lebih enak. Ya, prince-creek.com punya tips yaitu kamu bisa menggunakan bahan dapur ini untuk menghilangkan lem pada kulit. Perlu diketahui, pasta yang dibuat dari garam ternyata memiliki sifat abrasi yang cukup bagus. Sehingga dapat mengelupas lapisan lem dengan baik. Ingin menggunakan cara ini? Ikuti langkah-langkah ini:

  • Siapkan garam lebih dulu, gunakan garam halus.
  • Siapkan air bersih secukupnya.
  • Campurkan garam dan air secukupnya ke dalam wadah. buat teksturnya seperti pasta.
  • Gosok pasta garam tersebut ke bagian kulit yang tekena lem. Gosoo selama 30 hingga 60 detik ya.
  • Basuh sedikit dengan air.
  • Gosok kembali tanpa menambah air ya.
  • Ulangi terus menerus hingga garam habis ya. Selesai.
Baca juga  Mengenal Proses Penjernihan Air dari Teknik Sampai Hasilnya

Hilangkan dengan petroleum jelly

 

Cara menghilangkan lem dengan petroleum jelly juga tidak rumit. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Cuci bagian kulit yang terkena lem lebih dulu. Cuci dengan air sabun hangat ya.
  • Oleskan petroleum jelly tersebut ke bagian kulit yang terkena lem.
  • Gosok bagian tersebut dengan tangan atau dengan bagian kikir kuku. Gosok selama 1 menit hingga lapisan terkelupas ya.
  • Ulangi lagi hingga semua lapisan lem terkelupas habis.

Tips agar Lem tidak Terkena Kulit

cara-menghilangkan-lem-g-di-tangan

Lem g merupakan lem yang memiliki daya rekat sangat baik. Untuk itu kamu perlu berhati-hati agar lem tidak mengenai bagian kulit. Jika sudah terkena bagian kulit? Ya, kamu bisa melakukan beberapa cara di atas. Nah, bagi kamu yang tidak ingin terkena lem tersebut sangat bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini. Berikut diantaranya:

Gunakan sarung tangan

Agar lem tidak mengenai kulit khususnya bagian tangan maka kamu perlu menggunakan sarung tangan. Penggunaan sarung tangan akan sangat melindungi tangan kamu lho. Pastikan kamu tak lupa mengenakan sarung tangan pada setiap pekerjaan mengelem ya.

Bekerja dengan hati-hati dan tidak ceroboh

Umumnya lem dapat mengenai tangan kita karena ketidakhati-hatian kala mengunakannya. Untuk itu, pastikan jika dalam proses perekatan barang dengan lem, kamjs selalu berhati-hati dan jangan ceroboh.

Keluarkan lem secara perlahan dan tidak berlebihan

Pengeluaran lem secara berlebih dan tergesa-gesa juga dapat membuatnya mengenai tangan atau kulit kamu lho. Maka dari itu, pastikan jika kamu mengeluarkan lem secara perlahan dan secukupnya saja.

Nah itulah tadi pembelajaran mengenai cara menghilangkan lem g yang terkena tangan.  Bagaimana, sudah mencobanya? Semoga berhasil ya.